Reset Password BIOS


BIOS (basic input output system) adalah suatu sistem yang mengatur proses input output pada komputer yang kita pakai sehari - hari. di bios kita bisa pula mengatur berapa banyak memory yang akan digunakan untuk VGA kita (tipe komputer terbaru dengan fitur VGA share), mengatur setting boot yang akan digunakan (cdroom - hdd, hdd, cdroom), dan masih banyak lagi fitur yang tedapat pada BIOS tergantung tipe dan versi BIOS itu sendiri. didalam BIOS terdapat fitur password yang digunakan untuk melindungi setingan BIOS anda dari tangan yang tidak diinginkan. anda bisa menset password itu. tapi kadang anda lupa terhadap password yang digunakan.
Jika sampai hal diatas terjadi maka ada beberapa cara yang bisa digunakan.
1.soft reset menggunakan software utility yang banyak ditemukan diinternet
2.hard reset dengan cara mencabut batre CMOS/menggunakan jumper clear_cmos
3.hard reset password saja menggunakan software khusus yang dibuat oleh perusahaan BIOS tertentu
4.soft reset password menggunakan software bios pw

#1. soft reset menggunakan software
jika anda ingin menggunakan cara ini maka hal yang dibutuhkan adalah komputer anda mempunyai OS yang berjalan dengan baik(tidak crash/bermasalah) baik itu windows maupun linux. jika hal itu tidak bisa dilakukan maka komputer anda minimal harus bisa boot dari CD/DVD, jika bisa anda bisa menggunakan hirens boot cd untuk mereset password BIOS anda, disana ada pilihan tool/utility untuk reset password bios (hal ini cukup beresik0). jika tidak bisa boot dari cd/dvd maka gunakan pilihan ke 2.
#2. hard reset dengan cara mencabut batre CMOS/menggunakan jumper clear_cmos
cara untuk menggunakan jalan ini anda harus membongkar tutup casing komputer anda dan mencari lokasi batre atau jumper clear_cmos yang ada di motherboard. menemuka lokasi batre cmos tidak sesulit menemukan jumper clear_cmos. jumper clear_cmos sangat kecil dan biasanya tersembunyi (untuk menghindari sentuhan yang tidak sengaja yang dapat mereset BIOS secara tidak disengaja). jika anda menemukan jumper itu maka anda cukup menancapkan cap jumper selama 10 detik atau jika tidak ada cap jumper anda bisa menggunakan obeng flat untuk melakukan hubungan arus pendek di jumper tersebut. jika tidak menemukan jumper itu maka cabut batre CMOS selama kurang lebih 5-10 menit. setelah itu pasang kembali. tapi cara ini tidak bisa diterapkan di laptop. karena dilaptop tidak ada jumper clear_cmos dan jika batre cmos di copot juga tidak akan mereset password BIOS nya.
#3.hard reset password saja menggunakan software khusus yang dibuat oleh perusahaan BIOS tertentu
cara ini tentunya cara paling aman dan mudah dalam segi teknis. tapi cara ini menurut saya adalah cara yang sangat susah untuk dilakukan. kenapa? karena software yang digunakan tidak dipublish oleh produsen para BIOS. kalaupun ada di internet itu merupakan hasil bocoran dari para peretas yang masuk kesistem komputer para vendor BIOS. maka dari itu cara ini saya tidak sarankan.
#4.soft reset password menggunakan software bios pw
cara ini menurut saya adalah cara yang peling mudah dalam pengaplikasiannya, anda tidak usah pusing membongkar komputer dan mengoprek - oprek mainboard anda. anda juga tidak usah pusing baca manual dari software yang digunakan untuk mereset bios seperti software yang dimuat dalam hirens boot cd. anda cukup menyediakan satu buah komputer tambahan yang berjalan dengan normal.
mari kita mulai (cara ini cukup panjang langkahnya), perhatikan dengan seksama gambar -gambarnya!:
#masuk ke BIOS dengan menekan tombol F1/F2/F11/Del/Ctrl+Alt+Del (tergantung merek BIOS, pilih salah satu atau lihat tampilan POST pada komputer anda. Tombol tadi merupakan Tombol umum yg sering digunakan). jika BIOS anda terpassword maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



jangan masukan huruf atau angka apapun, langsung tekan enter saja selama tiga kali.
#Setelah anda menekan enter sebanyak tiga kali maka akan muncul tampilan seperti ini.




terlihat tulisan "System Disabled" dan angka "14452", dan angka 14452 itulah yang menjadi kunci kita dalam mereset password BIOS.
#langkah selanjutnya adalah menyiapkan komputer/laptop untuk menjalankan resetter programnya. setelah itu downloadtoolnya disini.
#Setelah itu extract filenya misal di c:\bios. lalu buka cmd dan ketikan cd c:\bios, setelah masuk lalau ketikan "BIOS_PW 14452 0" (tanpa tanda kutip dan kode 14452 adalah kode error yang tadi di dapat, setelah itu di tambah spasi dan nol).
jadi terlihat kurang lebih seperti ini.



terlihat keluar kode seperti "3atg9de, lw8p8rl, dll" catatlah semua kode itu lalu coba satu - persatu pada login bios anda.
setelah itu anda berhasil masuk kedalam bios dengan menggunakan kode-kode diatas, masuk kedalam menu security lalu kosongkanlah password bios anda (bila diminta memasukan password lama masukan kode yang berhasil dipakai masuk kedalam bios anda). sesudah itu save konfigurasi bios anda. dan anda telah berhasil mereset password bios anda. untuk mereset password hdd yang terkunci pada laptop akan di bahas pada artikel berikutnya. 



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Update Status FB

Share!!